DO'A DAN IKHTIAR MENJEMPUT TAKDIR

Gambar
  (Part 1) Tanggal 11 Juni 2023, bersama putra saya naufal, kami berangkat ke Makassar dengan tujuan RSUP Wahidin membawa surat rujukan dari RSU Bahteramas Kendari, Sultra. Perjalanan kali ini bukanlah yang pertama, Tahun 2018 saya perna mendatangi RSUP Wahidin, juga atas rujukan RSU Bahteramas Kendari, dengan keluhan dan diagnosa yang sama, gangguan pencernaan, BAB berdarah, perut perih dan kadang sering merasa kelelahan, saat itu sempat dilakukan tindakan kolonoskopi, hingga akhirnya diketahui adanya polip pada bagian rektum usus besar, berdasarkan hasil biopsi dan pemeriksaan patologi anatomy menunjukkan bahwa polip tersebut masih dalam taraf sebagai tumor jinak. Kurangnya pengalaman pribadi dan kurangnya edukasi dari dokter yang menangani waktu itu, menjadikan polip saya tidak sempat dilakukan pengangkatan, padahal ternyata suda disarankan polipektomi (saat itu belum mengerti maksud polipektomi). Melalui obat yang diresepkan dokter gastrointestinal membuat keluhan saya menjadi ...

PEMANFAATAN RUMAH BELAJAR UNTUK BDR DENGAN MENERAPKAN PEMBELAJARAN INOVATIF "DIL"


PEMANFAATAN RUMAH BELAJAR UNTUK BDR DENGAN MENERAPKAN PEMBELAJARAN INOVATIF DISCOVERY INQUIRI LEARNING (DIL)

Model Discovery-Inquiry merupakan pembelajaran yang menitikberatkan pada proses pemecahan masalah, sehingga peserta didik harus melakukan eksplorasi berbagai informasi agar dapat menentukan konsep mentalnya sendiri dengan mengikuti petunjuk pendidik berupa pertanyaan yang mengarah pada pencapaian tujuan pembelajaran. Model pembelajaran ini dapat digunakan ketika pendidik ingin mengkondisikan peserta didik untuk membudayakan berpikir tingkat tinggi (high order thinking/HOT), berpikir ilmiah, mandiri dan tidak hanya mengembangkan keterampilan bernalarnya/kognitif dalam menyelesaikan permasalahan.

Enam (6) Tahapan/ Sintak Model DIL  diatas, dapat diterapkan dalam BDR secara daring, khususnya di saat ada bencana (misalnya pandemi covid 19, dsb.) yang mengakibatkan sekolah tidak dapat melaksanakan pembelajaran secara tatap muka di kelas.

Bagaimana menerapkan model DIL pada pembelajaran dari rumah?

Persiapan : Peserta didik mendaftar kelas daring (online)  (melalui aplikasi LMS misal: Kelas Maya di Rumah Belajar) yang telah disediakan pendidik.

Pelaksanaan :

1. Simulation : Peserta Didik menyimak materi stimulus  (berupa video/ gambar/ simulasi) yang diberikan pendidik dalam kelas  (*bahan stimulus bisa dicari di fi tur Sumber Belajar, fi tur Lab Maya Rumah belajar, Youtube, maupun sumber lainnya yang relevan dan menarik)

2. Problem Statement : Peserta didik menyampaikan respon atas stimulus  dari pendidik  secara tatap maya  (menggunakan aplikasi vicon misalnya zoom, webex, googlemeet, dsb), peserta didik  dibagi dalam kelompok, peserta didik ditugaskan secara kelompok mengidentifi kasi dan merumuskan masalah sesuai stimulus yang telah diberikan pendidik

3. Data Collection : Peserta didik secara kelompok berkolaborasi mengumpulkan data dari berbagai sumber, kemudian mendiskusikan dalam kelompok melalui grup media sosial (WA, line, telegram , Kaizala, dsb), mengirimkan bukti kerja kelompok ke pendidik (capture/ screenshoot grup dsb)   (*aneka sumber: bisa mencari di internet, antara lain fitur-fi tur Rumah belajar, TVE, Video on Demand, lingkungan sekitar, dsb)

4. Data Processing, Peserta didik secara kelompok berkolaborasi melakukan pengolahan data yang telah dikumpulkan kemudian merumuskan hasil diskusi dan mengunggah ke kelas maya sebagai penugasan secara mandiri.(*kelas maya bisa menggunakan fi tur Kelas Digital di Rumah Belajar)

5. Verification,   Peserta didik mempresentasi hasil pengolahan data ke peserta didik lainnya dan pendidik, melalui vicon (menggunakan aplikasi vicon misalnya zoom, webex, googlemeet dsb)  Peserta didik mempresentasi hasil pengolahan data ke peserta didik lainnya dan pendidik, melalui vicon (menggunakan aplikasi vicon misalnya zoom, webex, googlemeet dsb). Peserta didik lain memberikan tanggapan terhadap presentasi kelompok lain, melalui grup WA kelas.

6. Generalization, Peserta didik secara kelompok membuat kesimpulan atau generalisasi berdasarkan hasil verifi kasi dan masukan dari pendidik dan peserta didik lainnya, kemudian mengunggahnya ke kelas maya sebagai penugasan mandiri.(*kelas maya bisa menggunakan fitur Kelas Digital di Rumah Belajar)

Penutup: Peserta didik menyimak rangkuman dan review pendidik terhadap hasil pembelajaran dari semua kelompok, jika ada pemahaman konsep yang melebar atau kurang tepat, maka pendidik akan meluruskan pemahaman konsep tersebut. 

Peserta didik mengikuti evaluasi daring yang diselenggarakan oleh guru (baik melalui kelas maya ataupun aplikasi quis daring interaktif  lainnya  misalnya  fitur  Bank  Soal  pada  Rumah  Belajar, aplikasi Kahoot, Quiziz dsb).

Sajian RPP untuk kegiatan diatas: https://bit.ly/RPPDIL_ BDR 


Sumber : Buku Panduan BDR dengan memanfaatkan Portal Rumah Belajar

Komentar

  1. Teruslah berkarya dan menginspirasi banyak orang

    BalasHapus
  2. Kerja keras dan ketekunan mengantarkannya untuk mencapai kesuksesan.aamiin

    BalasHapus
  3. Teruslah berkarya menjadi sumber inspiratif,cerdas,kreatif dan inovatif. Insyaa Allah berkah dan mulia. Majulah Indonesia...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini